Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 April 2012

Nasa akan Tabrak Bulan


INILAH.COM, Jakarta- NASA akan menabrakkan wahananya bernama LCROSS ke bulan. Penabrakan ke kawah Cabeus A yang berada di kutub selatan bulan itu rencananya dilakukan pada bulan depan.
Pesawat luar angkasa NASA seharga US$79 juta membawa sebuah roket Centaur yang kosong, yang notabene memiliki massa sebesar mobil SUV (sport utility vehichle) dan akan menjejak di bulan pada 9 Oktober.
Para ahli astronomi dan pengamat luar angkasa akan mengamati tontonan tersebut.
“Tujuan dari misi kami adalah untuk melihat apakah ada air yang terletak di beberapa bagian kawah yang tertutup di kutub selatan bulan,” kata project manager LCROSS, Daniel Andrews.
Misi lain telah menyediakan bukti-bukti yang menarik, namun sejauh ini belum ada yang dapat membuktikan adanya air (es) di bulan.
LCROSS akan mengirimkan roket Centaur lebih dahulu, kemudian LCROSS akan menyusul dengan menabrakan diri ke bulan dalam kecepatan 5.580 mph yang dimaksudkan agar menghasilkan dampak yang dapat menghasilkan tanda-tanda air.
“Itu akan memperlihatkan apapun yang ada di permukaan kawah dan hal tersebut sangatlah mungkin ada air dalam bentuk es,” Andrew menjelaskan.
Lebih dari satu dekade lalu, misi Lunar Perspector mendeteksi adanya hidrogen di sekitar areal kutub selatan dan memberikan petunjuk tentang adanya air dalam bentuk es yang ada di tempat yang tidak pernah terekspos oleh matahari.
Menemukan air di bulan akan sangat menguntungkan bagi misi berawak manusia karena hal tersebut akan mengeliminasi pilihan untuk mengangkutnya dari bumi. Es tersebut dapat dicairkan untuk air minum dan hidrogen dapat diekstrak menjadi bahan bakar.
Cabeus A termasuk salah satu nominasi kawah pilihan, termasuk kawah Shackleton, Shoemaker dan Hayworth, yang diteliti selama berbulan-bulan. Kawah tersebut terletak di 81 derajat selatan dari bulan dan relatif berukuran besar (berdiameter sekitar 40 kilometer).


ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 01.43 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar